Selasa, 05 November 2013

PERBEDAAN SIDAT DAN BELUT






Bagi orang awam yang belum mengerti ikan sidat dan belut mungkin akan mengira bahwa kedua jenis hewan ini adalah sama .Mungkin secara morfologi kedua jenis ikan ini memiliki kesamaan,  akan tetapi ketika kita lihat lebih detail lagi sebenarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan . Adapun perbedaan kedua jenis ikan ini terletak pada beberapa bagian yaitu:

Bentuk ikan
Dalam hal bentuk ataupun wujudnya ikan sidat cenderung bulat penuh dan panjang dengan ekor yang berbentuk mirip dengan ikan gabus atu lele. Sedangkan untuk belut mempunyai bentuk yang cenderung pipih dengan bentuk ekor yang  meruncing. Pada bagian kepala juga terdapat beberapa perberbedaan,untuk jenis sidat lebih membulat dibagian mulut, mempunyai semacam kumis pendek berwarna kuning dan memiliki sirip dibawah kepala. Untuk belut memiliki bentuk kepala yang lebih runcing, tidak memiliki kumis ataupun sirip.di bagian bawah pangkal kepala. Dalam siklus hidupnya sidat juga mampu tumbuh besar dengan bobot puluhan kilogram.sedang untuk belut hanya mampu tumbuh sebesar ±1 kilogram saja.

Tulang
Struktur tulang pembentuk dari belut dan sidat juga berbeda. Sidat memiliki struktur tulang yang mirip dengan ikan gabus atupun ikan lele. Sedangkan belut        memiliki susunan tulang yang lebih rumit dengan bentuk yang menyerupai      symbol plus (+) sehingga lebih sulit jika kita akan membentuk filet dari daging       belut.

Habitat
Jenis ikan sidat merupakan jenis ikan yang hidup di air yang tidak membutuhkan   media lumpur sebagai habitatnya, namun secara umum sidat juga membutuhkan           supply oksigen yang tinggi dengan suhu panas sekitar (25-30oC) agar perkembangnya menjadi maksimal,.sementara belut harus hidup dengan media lumpur supaya bisa berkembang dengan baik..

Perkawainan dan Perkembangbiakan
Ikan sidat akan berpindah tempat ketika akan berkembang biak, ikan ini akan bermigrasi ke laut ketika musim kawain dan memijah. Setelah selesai ikan ini akan kembali ke sungai atau perairan tawar lagi. Dan ketika telur telurnya menetaspun anak anak dari sidat akan bergerak menuju sungai atau perairan tawar. Sedangkan belut tumbuh dan berkembang biak dilumpur yang memiliki air tawar .

Itulah beberapa macam perbedaan dan karakteristik dari kedua jenis ikan yang memiliki kemiripan ini. Yang jelas kedua jenis ikan ini memiliki kandungan gizi dan nilai ekonomis yang tinggi. Sehingga sangat prospektif di kembangbiakkan.
Salah satu alternative menikmati manfaat dan kelezatan belut adalah keripik belut.Kami adalah salah satu produsen keripik belut di daerah Godean Jogjakarta. Kota kecil disebelah barat Jogjakarta yang sangat terkenal dengan olahan keripik belutnya. Brand kami adalah keripik belut SIMBAH HATO, dengan pengalaman puluhan tahun di bisnis ini, produk kami telah dikenal dengan rasanya  yang renyah, empuk, enak , gurih, lezat dan bergizi tentunya. Kami juga merupakan inovator keripik belut pedas pertama di Godean, mungkin anda tidak akan menemukan keripik belut pedas yang unik selain ditempat kami. Keripik belut sangat cocok untuk oleh-oleh ataupun di konsumsi sendiri,untuk mendapatkannya anda bisa menghubungi kami melalui Telephone/SMS/BBM kami yang ada dibawah artikel ini. Selamat mencoba, dan rasakan sensasi  kres, gurih, enak , unik dan pedaaaaasssssssssssnya.
Salam hangat dari kami “Keripik Belut SIMBAH HATO”



Untuk pemesanan / reseller hubungi : 



Tidak ada komentar :

Posting Komentar